Peran Penting Vitamin C Dalam Tubuh Tidak Hanya Jaga Imunitas

Reporter:
Editor:

Mitra Tarigan

  • Font:
  • Ukuran Font: - +
  • Ilustrasi vitamin C (Pixabay.com)

    Ilustrasi vitamin C (Pixabay.com)

    TEMPO.CO, Jakarta - Ahli Gizi Rita Ramayulis mengatakan bahwa tubuh kita mempunyai sistem imunitas Innate (yang dibawa dari lahir) dan Adaptif (yang diperoleh setelah lahir misalnya karena terinfeksi atau melalui vaksinasi). Sistem imun tubuh ini perlu dijaga fungsinya agar tetap kuat. “Penjaganya adalah beberapa zat gizi seperti Protein, Vitamin C, Zink, Zat Besi, Vitamin A, Vitamin D. Nah, penjaga inilah yang kita sebut bodyguard,” katanya dalam peluncuran Segar Dingin SDC-1000 pada 3 Mei 2021.

    Tubuh kita setiap saat mendapatkan serangan dari radikal bebas dan benda asing lainnya yang masuk ke dalam tubuh Rita juga mengingatkan bahwa aktivitas yang padat akan memberikan berbagai tekanan psikologis yang tentunya akan berpengaruh pada fisiologis tubuh. Tak hanya itu, tekanan tersebut juga dapat menyebabkan terjadinya stres fisiologis dan psikologis yang akan menghasilkan berbagai senyawa radikal bebas, termasuk dari aktivitas tubuh kita seperti bernafas. Beliau juga menyampaikan bahwa faktor penyebab lainnya adalah kualitas dan kuantitas tidur yang tidak mencukupi. Oleh karena itu, selain konsumsi makanan dengan gizi seimbang, dibutuhkan asupan 'bodyguard' agar kondisi tubuh lebih terjaga. “Vitamin C merupakan vitamin larut air yang ketika berlebih dalam tubuh memang akan dikeluarkan serta tidak bisa disimpan. Oleh karena itu, memang kita harus memenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari. Setiap orang membutuhkan sekitar 1,5 g vitamin C per kg,” katanya.

    Vitamin C sendiri mempunyai peranan penting dalam menjaga kondisi tubuh, seperti melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas, merupakan salah satu komponen utama dalam membangun kolagen tubuh yang bertanggung jawab pada semua struktur jaringan ikat di tubuh, serta berperan untuk memelihara jaringan penghubung tulang. Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga menjelaskan bahwa ketersediaan vitamin C yang cukup di tubuh akan menurunkan tingkat keparahan penyakit yang berhubungan dengan pernafasan. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan tulang dan kerja otak.

    Peluncuran Segar Dingin SDC-1000 pada 3 Mei 2021/Wings

    Marketing Manager Powdered Drinks Wings Group The Budi Santoso mengatakan masyarakat, khususnya generasi muda, dituntut untuk lebih produktif, khususnya selama pandemi karena ruang pertemuan yang dibatasi, namun menuntut hasil yang lebih. Kreativitas, mental dan fisik benar-benar diuji untuk terus bersaing di dalam era normal baru ini. Ia mencontohkan para pekerja kantoran yang harus berhadapan dengan deadline, lembur, tekanan kerja, dan lain-lain, baik ketika bekerja dari rumah maupun yang sudah harus datang ke kantor. Mereka pun membutuhkan suplemen kesehatan yang praktis dan terjangkau serta dapat dikonsumsi dengan cara dan rasa yang disukai. "Oleh karena itu, kami meluncurkan Segar Dingin SDC-1000 yang mengandung vitamin C, madu dan ekstrak mint sebagai bodyguard tubuh sehingga generasi muda kita dapat menjadi generasi anti ngedrop,” kata Budi

    Minuman suplemen kesehatan yang tersedia di dalam dua varian rasa ini, yaitu orange dan jeruk nipis yang terdiri dari kandungan vitamin C dengan khasiatnya untuk memelihara daya tahan tubuh, madu yang telah terbukti dapat memperkuat imunitas, dan ekstrak mint yang kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu menangkal radikal bebas. Melalui acara peluncuran ini, Segar Dingin SDC-1000 ingin mengajak generasi muda untuk melakukan segala aktivitasnya yang padat dengan kondisi tubuh dan pikiran yang sehat, sehingga dapat menjalani kehidupan yang menyenangkan dan produktif.

    Penyanyi jebolan salah satu ajang pencarian bakat Fatin Shidqia bercerita mengenai aktivitas sehari-harinya yang padat dan caranya dalam mengakali kondisi tubuh agar selalu prima. “Di tengah kesibukanku sebagai penyanyi, bikin konten Youtube, dan lain-lainnya itu aku sering banget sih dihadapkan dengan yang namanya deadline. Aku harus pinter-pinter bagi waktu supaya semuanya bisa aku kerjain dengan baik. Belum lagi waktu untuk ngelakuin hobi aku biar nggak stres. Nah, biar ngga kelelahan dan ngga gampang sakit, aku selalu mengkonsumsi suplemen kesehatan kayak Vitamin C, karena ini sangat membantuku banget untuk menjaga daya tahan tubuh,” ucap penyanyi yang menyukai hal-hal bernuansa Jepang ini.

    Baca: Rajin Konsumsi Vitamin C, Sandra Dewi Tak Pernah Sariawan dan Jarang Kena Flu


     

     

    Lihat Juga



    Selengkapnya
    Grafis

    Pelonggaran Kembali PPKM: Aturan Baru WFO, Bioskop, dan Anak-anak

    Pemerintah kembali melonggarkan sejumlah aturan PPKM yang berlaku hingga 4 Oktober 2021. Pelonggaran termasuk WFO, bioskop, dan anak-anak di mall.